Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN

JURNAL PEMBANGUNAN DAERAH

 

 

 

Ketentuan Pengiriman

Ketentuan Pengiriman
1. Naskah dapat berupa policy paper atau artikel hasil penelitian.
2. Naskah belum pernah dipublikasikan pada majalah/jurnal lain.
3. Penulisan dapat disampaikan dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris (naskah
dalam bahasa Inggris harus sudah dikoreksi oleh ahli bahasa atau penutur asli).
4. Naskah yang penulisannya tidak sesuai dengan Pedoman Penulisan Jurnal Pembangunan
Daerah dan kaidah Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris akan ditolak dan Editor tidak
berkewajiban untuk mengembalikan naskah yang bersangkutan.
5. Naskah disampaikan secara online, dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran pada:
http://ejournal.bappeda.jatengprov.go.id/index.php/JPD/user/register
6. Jika mengalami kendala dalam mengakses link di atas, dapat menyampaikan informasi
kepada Tim Pengelola Jurnal Pembangunan Daerah melalui email
jurnalpembangunandaerah@gmail.com
Ketentuan Penulisan
Format Umum
1. Naskah disusun dalam format file .doc (menggunakan software Microsoft Word).
2. Naskah ditulis pada kertas HVS ukuran A4 (21,0 x 29,7 cm), dengan batas atas – bawah
dan samping, masing-masing sebesar 2,5 cm (detail dapat dilihat pada template).
3. Penulisan menggunakan huruf Times New Roman berukuran 12 point, dengan spasi 1,5.
4. Setiap halaman diberi nomor secara berurutan termasuk halaman
tabel/bagan/grafik/gambar/foto (jika menjadi lampiran).
5. Ketentuan Tabel: Tabel diberi nomor urut mulai dari 1, dengan judul tabel dan nomor
dituliskan di atas tabel. Cantumkan sumber informasi di bawah tabel, dan isi tabel harus
dijelaskan dalam tubuh tulisan (detail dapat dilihat pada template).
6. Ketentuan Gambar: Gambar diberi nomor urut mulai dari 1, dengan judul gambar dan
nomor dituliskan di bawah gambar. Tuliskan sumber informasi di dalam kurung, setelah
judul gambar, dan penjelasan gambar harus dimasukkan dalam tubuh tulisan (detail dapat
dilihat pada template).
7. Panjang naskah minimal adalah 10.000 kata dan maksimal 25.000 kata atau 10 sampai 25
halaman A4 dengan spasi 1,5 yang sudah termasuk gambar, diagram, rumus/formula,
tabel, dan daftar pustaka, serta tidak ada lampiran.
8. Judul ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (untuk artikel berbahasa Inggris,
judul cukup dengan Bahasa Inggris), dengan jumlah maksimal 14 kata yang mampu
menerangkan isi tulisan. Judul harus akurat, tidak ambigu, spesifik, dan lengkap. Jangan
mengandung singkatan yang jarang digunakan. Judul menggambarkan isi tulisan dan
menarik perhatian pembaca. Judul artikel diketik mempergunakan Times New Roman
ukuran 14, spasi tunggal (single), tebal (bold), diposisikan di tengah (center), dengan spasi
before 6 poin dan after 6 poin.

9. Nama dan Afiliasi Penulis: Nama setiap penulis (tanpa gelar). Tuliskan nama depan dan
belakang Anda secara lengkap (jangan menyingkat nama belakang), 2 baris dibawah judul
artikel. Maksimal penulis dalam satu artikel berjumlah 5 (lima) orang penulis. Tulis
afiliasi yang jelas dari semua penulis. Afiliasi meliputi: Nama
Instansi/Lembaga/Organisasi/Komunitas. Tuliskan informasi penulis yang menjadi
tujuan korespondensi/person kontak (Corresponding Author) pada bagian Info Artikel, di
sebelah kiri Abstrak (lihat template Penulisan Jurnal Pembangunan Daerah). Afiliasi
Penulis diketik 1 baris di bawah nama penulis dengan mempergunakan Times New
Roman ukuran 10, spasi tunggal (single), dan diposisikan di tengah (center).
a. Jika penulis lebih dari satu dan berasal dari afiliasi yang sama, maka cukup ditulis
satu afiliasi saja.
b. Jika penulis lebih dari satu dan berasal dari afiliasi yang berbeda, maka nama penulis
kedua ditulis dibawah nama afiliasi penulis pertama, dan begitu seterusnya
10. Abstrak/Ringkasan Eksekutif: Abstrak/ringkasan eksekutif berisi ringkasan pokok
bahasan lengkap dari keseluruhan naskah (permasalahan, tujuan, metode, hasil, dan
kesimpulan). Hindari penggunaan singkatan gambar, tabel, persamaan rumit atau
referensi. Abstrak/ringkasan eksekutif ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Penulisan Abstrak dalam satu paragraf, dengan jumlah tulisan maksimal 250 kata, diketik
dengan huruf Times New Roman berukuran 10 point, spasi 1 (untuk Abstrak/ringkasan
eksekutif berbahasa Inggris ditulis dengan huruf miring/Italic). Abstrak memuat Kata
kunci/keywords yang terdiri dari 3 hingga 6 kata, ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa
Indonesia, dengan posisi penulisan mengacu pada template yang berlaku pada Jurnal
Pembangunan Daerah. Kata kunci ini merupakan label naskah Anda, yang berperan
penting dalam indeksasi dan pencarian. Oleh karena itu kata kunci harus mewakili konten
dan sorotan artikel Anda. Gunakan kata kunci yang umum atau singkatan yang sudah
dipergunakan secara luas.

Format Substansi Naskah
1. Policy Paper
Kertas kerja kebijakan (policy paper) adalah tulisan hasil penelitian yang fokus pada isu
kebijakan tertentu dan menawarkan alternatif rekomendasi solusi untuk disampaikan
kepada para pemangku kepentingan. Policy paper terdiri dari:
I. RINGKASAN EKSEKUTIF
II. PENDAHULUAN
Pendahuluan merupakan kunci untuk “membuka pintu” memasuki ruang
substansi. Pendahuluan berfungsi menyiapkan pembaca untuk mengerti setting,
konteks dan permasalahan utama (problem statement) yang hendak dibahas dalam
Policy Paper. Usahakan Pendahuluan sekurang-kurangnya memuat penjelasan
tentang: (1) konteks dari masalah kebijakan; (2) definisi atau pengertian masalah
kebijakan; (3) pernyataan permasalahan utama (problem statement); (4)
pernyataan tujuan dan maksud penulisan makalah kebijakan; (5) metodologi
pengumpulan dan analisis data dan keterbatasannya; dan (6) kerangka atau
sistematika (outline) penulisan makalah kebijakan.

III.ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Bagian ini mengidentifikasi, merumuskan dan menjelaskan permasalahan yang
hendak dibahas dalam konteksnya. Penjelasan atas masalah harus mampu
meyakinkan pembaca bahwa isu strategis yang hendak dibahas memang penting
untuk ditemukan solusi dan memerlukan intervensi (pemerintah). Penjelasan
masalah pada bagian ini menggambarkan isu saat ini dan masa lalu, yang didukung
data dan fakta yang valid dan mengarah kepada ditemukannya solusi penyelesaian
masalah.
IV.PILIHAN KEBIJAKAN
Bagian ini mendiskusikan berbagai kemungkinan bagaimana permasalahan yang
dibahas pada bagian sebelumnya bisa diselesaikan. Bagian Pilihan Kebijakan
mendiskusikan kerangka analisis yang hendak digunakan untuk menilai berbagai
opsi kebijakan yang diusulkan. Kerangka analisis biasanya disusun berdasarkan
konsep, metode atau teori yang relevan, sehingga dapat merupakan metodologi dan
kriteria penilaian dan pemilihan opsi-opsi kebijakan terbaik. Ketersediaan sumber
daya dapat juga merupakan salah satu kriteria pemilihan opsi kebijakan. Bagian
ini mendiskusikan dan mengevaluasi (menilai dan memilih) pilihan kebijakan
berdasarkan kerangka analisis yang dipakai.
V. KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
Kesimpulan merupakan sintesa dari temuan utama yang dibahas pada bagian
analisis dan pembahasan pilihan-pilihan kebijakan. Rekomendasi kebijakan harus
benar benar memiliki keterkaitan substansi dengan rumusan masalah dan
analisis/pembahasan masalah (koherensi).
VI.DAFTAR PUSTAKA
Pastikan bahwa setiap pustaka yang ditulis dalam Daftar Pustaka benar-benar
menjadi acuan dalam penulisan naskah (demikian sebaliknya). Perhatikan bahwa
jumlah pustaka yang menjadi acuan minimal 10 pustaka, dan usahakan sebagian
besar berasal dari literatur primer/jurnal ilmiah dalam sepuluh tahun terakhir.

B. Artikel Hasil Penelitian
Artikel hasil penelitian berisi hasil penelitian lapangan atau desk study yang berisi
temuan penelitian berupa data dan informasi serta saran dan rekomendasi yang
disampaikan kepada pemangku kepentingan. Artikel hasil penelitian dituangkan
dalam format penulisan sebagai berikut:
I. PENDAHULUAN
Bagian awal menjelaskan latar belakang masalah secara singkat, lalu menjelaskan
state of the art dari kajian literatur atau penelitian sebelumnya untuk menjustifikasi
orisinalitas serta kontribusi ilmiah dan sumbangan bagi keilmuan yang penting untuk
dipublikasikan. Pendahuluan juga harus menjelaskan tentang gap analysis dan urgensi
penelitian dibandingkan dengan penelitian sebelumnya. Dalam hal ini, Anda dapat
menjelaskan secara singkat namun jelas mengenai metode yang dipakai saat ini,
sebagai gambaran mengenai kelebihan atau kekurangan dari penelitian sebelumnya,
serta menunjukkan apa yang dicapai (untuk memperbaiki kekurangan), juga untuk
menunjukkan manfaat ilmiah dan kebaruan (novelties) dari naskah. Pada akhir bagian
pendahuluan, Anda dapat menjelaskan tujuan secara lugas dan terstruktur. Gunakan
pustaka yang mendukung latar belakang yang diungkapkan. Pustaka sebaiknya
berasal dari sumber primer, yaitu sumber referensi jurnal yang relevan dan publikasi
terkini, baik jurnal internasional maupun jurnal nasional. Selain itu, sebaiknya tidak
mengutip hasil penelitian terdahulu yang tidak dipublikasikan. Nama/istilah bahasa
asing/daerah yang tidak umum harus diikuti dengan penjelasannya pada
pengungkapan pertama kali.

II. METODE PENELITIAN
Penjelasan dalam metode ini harus membuat Pembaca dapat menerapkannya pada
analisis yang berbeda. Berikan detail yang cukup untuk memungkinkan metode
tersebut direproduksi. Untuk metode yang sudah diterbitkan harus ditunjukkan
dengan menyebutkan pustaka yang diacu. Jangan ulangi penjelasan detail metode
yang sudah ada/sudah lazim, tapi cukup jelaskan bagian yang mengalami modifikasi.
III.HASIL DAN PEMBAHASAN
Bisa diuraikan secara simultan dalam satu bagian utuh, atau dibagi menjadi sub
bagian Hasil dan Pembahasan. Hasil harus jelas dan ringkas. Isinya adalah ringkasan
temuan (ilmiah) yang paling penting, termasuk hasil analisis statistik dan data yang
telah diolah. Data diolah ini dituangkan dalam bentuk tulisan, tabel, bagan, grafik,
gambar/foto, serta diberi keterangan yang mudah dipahami dan tuliskan temuannya.
Jelaskan perbedaan hasil atau temuan dengan publikasi lain sebelumnya.
Pembahasan berisi interpretasi hasil-hasil penelitian (bukan mengulangnya). Dalam
pembahasan dikaitkan dengan hasil-hasil penelitian yang pernah dipublikasikan
sebelumnya, dengan komponen yang dibahas, antara lain: apakah hasil yang Anda
sampaikan berkaitan dengan konsep dasar/hipotesis dan menjawab tujuan awal,
sebagaimana disampaikan dalam Pendahuluan? (komponen What), bagaimana
interpretasi (ilmiah) untuk setiap hasil atau temuan yang Anda sampaikan?
(komponen Why), apakah ada kesesuaian atau pertentangan dengan hasil penelitian
orang lain? (komponen What else).
IV.SIMPULAN
Nyatakan simpulan atas hasil dan pembahasan secara singkat dalam bentuk paragraf
(bukan item list/numbering). Hindari mengulang deskripsi pada abstrak maupun
uraian hasil dan pembahasan. Konten yang disampaikan cukup menjelaskan apakah
hasil dan pembahasan menjawab permasalahan atau tujuan penelitian, atau dapat juga
menghasilkan teori/konsep baru berdasarkan data dan analisis yang disampaikan.
Sampaikan implikasi hasil penelitian Anda dan bagaimana penelitian Anda
berkontribusi dalam pengembangan bidang ilmu pengetahuan. Tambahkan Saran
(tidak wajib) yang menjelaskan riset apa yang dapat dilakukan selanjutnya (future
work). Tanpa kesimpulan yang jelas, reviewer dan Pembaca akan kesulitan menilai
naskah Anda, dan kelayakannya untuk dipublikasikan pada Jurnal.
V. SARAN (Opsional)
Saran atau rekomendasi sebagai tindak lanjut hasil penelitian disampaikan kepada
pihak terkait.
VI.UCAPAN TERIMA KASIH (Opsional)
Ditujukan kepada pihak-pihak yang telah membantu terlaksananya penelitian dan
penyusunan naskah.
VII.DAFTAR PUSTAKA
Pastikan bahwa setiap pustaka yang ditulis dalam Daftar Pustaka benar-benar
menjadi acuan dalam penulisan naskah (demikian sebaliknya). Perhatikan bahwa
jumlah pustaka yang menjadi acuan minimal 15 pustaka, dan usahakan sebagian besar
berasal dari literatur primer/jurnal ilmiah dalam sepuluh tahun terakhir. Acuan
literatur Penulisan pustaka acuan menggunakan Citation Style : Cardiff University
BIOSI - Harvard. Silakan periksa setiap pustaka acuan terhadap sumber aslinya
(nama penulis, volume, edisi, tahun). Gunakan aplikasi Reference Manager, seperti
Mendeley, EndNote, Zotero, dll. Hindari melakukan sitasi karya sendiri (self citation)
dan kartel sitasi yang berlebihan

Research Paper

merupakan artikel hasil penelitian, pengkajian, pengembangan, critical review

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.